OTOMOTIF - Perang sportbike bermesin 1.000 cc terjadi di ajang pameran Intermot yang berlangsung di Cologne, Jerman. Hampir seluruh produsen roda dua memamerkan sepeda motor dengan kubikasi mesin besar.
Tak hanya dari sisi jantung penggerak, para produsen pun juga berupaya menonjolkan teknologi dan tampang produk-produk terbarunya.
Produsen Yamaha diajang Intermot memboyong model MT10, meski tidak melakukan banyak ubahan dan tetap mengandalkan mesin lama, kapasitas 998 cc bertenaga 160 hp dan torsi 111 Nm. Namun produsen Garputala memberikan sistem quickshift serta ECU baru yang lebih responsif untuk mendukung kinerja throttle.
Honda pun tak mau kalah saing dengan menampilkan CBR1000RR SP. Motor ini dibekali mesin berkapasitas 999 cc. Motor ini mampu memproduksi tenaga 189 hp pada putaran 13 ribu rpm dan torsi puncak 116 nm pada 11 ribu rpm.
Honda juga menanamkan banyak perangkat elektronik yang juga digunakan pada versi jalanan dari motor MotoGP Honda RC213V-S, seperti suspensi semi-active Ohlins Electronic Control Suspension, Honda Selectable Torque Control, rem ABS, Selectable Engine Brake, Quickshifter, dan Downshift Assist.
Sekilas, tampilan sportbike full fairing ini juga mirip dengan RC213V-S, terutama yang menggunakan tiga warna yaitu merah, putih dan biru.
Di ajang Intermot 2016, Kawasaki pun tak mau kalah dengan menampilkan ZX-10RR. Motor yang diklaim hanya dijual 500 unit untuk Eropa ini dirancang layaknya tunggangan World Superbike.
Seperti model sportbike lainnya, Kawasaki juga membenamkan perangkat sistem elektronik seperti traction control, engine braking control, launch control, intelligent anti-lock brakes. dan corner management function. Seluruh perangkat dirancang untuk mendukung kenyamanan berkendara.
Kawasaki meracik mesin berkapasitas 998 cc lama untuk digunakan pada ZX-10RR yakni dengan cranckshaft dan modifikasi pada piston. Hasilnya tenaga meningkat menjadi 197 hp serta torsi mencapai 112 nm.
Pabrikan Suzuki tahun ini menampilkan GSX1000RR. Kuda besi berjuluk ‘The King of Sportbike’ ini dibekali mesin empat silinder, berkapasitas 999,8 cc, DOHC. Tenaga yang mampu diproduksi mencapai 199,27 hp dengan torsi 117 nm. Tenaga disalurkan menggunakan transmisi 6 percepatan.
Suzuki juga mengaplikasikan teknologi canggih seperti broad power system yang diadopsi dari tunggangan balap MotoGP. Selain itu ada finger follower valve train system, ride by wire, electronic steering damper, inertial measurment unit (IMU), 10 tingkat traksi kontrol, rem ABS, Suzuki Drive Mode Selector (S-DMS), quickshifter, dan launch control.
Selain empat produsen sepeda motor Jepang, beberapa produsen Eropa juga unjuk gigi di ajang Intermot tahun ini. Seperti Ducati yang memboyong Supersport dan Supersport S berkapasitas 937 cc dengan tenaga 113 hp. Aprilia memajang RSV4 bermesin 4 silinder kapasitas 999,6 cc yang mampu meletupkan tenaga 201 hp. KTM juga merilis tunggangan adventure bermesin V-Twin berkapasitas 1.050 cc dengan tenaga 125 hp.
Baca Juga Artikel Lain : Prediksi Bola, Berita Sepakbola, Cara Bermain, Info Selebritis
Berita ini disampaikan oleh : WWW.BIRPOKER.COM
0 komentar:
Posting Komentar